Kamis, 07 April 2011

PT. Tonga Tiur Putra Cirebon



PT. Tongatiur Putra berlokasi di komplek Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan, Cirebon. Lokasi pabrik berdekatan dengan pantai dan dapat dilalui dengan angkutan umum. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota serta kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon. Untuk dapat memasuki Komplek Pelabuhan Perikanan Nusantara dapat menggunakan kendaraan pribadi, becak ataupun berjalan kaki. Namun tidak bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot. PT. Tonga tiur Putra di kelilingi oleh pabrik-pabrik yang bergerak dalam bidang perikanan lainnya seperti PD. Sambu yang bergerak dalam proses pembekuan dan pengemasan hasil perikanan.
PT. Tonga Tiur Putra merupakan perusahaan perikanan yang bergerak dalam bidang pengalengan rajungan untuk diekspor ke negara-negara Eropa dan Amerika. Kegiatan usaha pengalengan rajungan ini dimulai dari pembelian bahan baku daging rajungan dari mini plant yang berasal dari berbagai daerah seperti dari Cirebon, Jakarta, Batam, Lampung bahkan dari wilayah Kalimantan. Setelah bahan baku terkumpul maka proses produksi baru bisa dimulai. Proses produksi yang dilakukan adalah: receiving, sorting, canning, seaming, pasteurisasi, cassing dan uji laboratorium. PT. Tonga Tiur Putra selain menghasilkan produk rajungan kalengan, juga memproduksi daging rajungan dalam kemasan plastik atau yang lebih dikenal dengan sebutan kemasan pouch.  

Beberapa contoh jenis daging rajungan yang menjadi komoditi PT. Tonga Tiur Putra yaitu:

daging collosal

daging lump flower

                              
daging claw meat

                                                    
a.   Collosal (daging putih) yang merupakan jaringan terbesar yang berada di bagian dada bawah yang berhubungan dengan kaki renang.
b.  Lump flower, yaitu daging rajungan yang diambil dari bagian sisi tubuh yang tersambung ke bagian kaki. 
c.  Clawmeat (daging merah) yang merupakan daging dari bagian kaki sampai capit dari rajungan.

Contoh kemasan produk daging rajungan kaleng yang ada di PT. Tonga Tiur Putra Cirebon


Contoh  produk daging rajungan kemasan pouch yang ada di PT. Tonga Tiur Putra Cirebon


untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi Gerry Pramudya di lab TIHP FPIK, jangan hubungi dokter!

6 komentar:

  1. Saya mahasiswa Muhammadiyah cirebon jurusan teknik industri mau menyakan bisa tidak masuk PKL di PT Tonga Tiur Putra?

    boleh minta kontak yang bisa dihubungi. terimakasih.

    BalasHapus
  2. Saya mahasiswa Politeknik perikanan jurusan Teknologi Hasil Perikanan mau menyakan bisa tidak masuk MAGANG di PT Tonga Tiur Putra?

    BalasHapus
  3. Saya mahasiswa Politeknik perikanan jurusan Teknologi Hasil Perikanan mau menyakan bisa tidak masuk MAGANG di PT Tonga Tiur Putra?

    boleh minta kontak yang bisa dihubungi. terimakasih.

    Balas

    BalasHapus
  4. saya mahasiswa unsoed jurusan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan, saya mau menyanakan di PT tonga tiur bisa tidak untuk PKL?? boleh minta email/kontak yang bisa dihubungi. terimakasih

    BalasHapus
  5. Saya. Mau kirim barang ke ttp bisa gak ya. Dari karawang daging rajungan kupas

    BalasHapus
  6. Saya mahasiswa Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta, saya mau menanyakan di PT Tonga Tiur apakah menerima untuk PKL? Bila diperbolehkan, mohon izin minta nomor kontak yang bisa dihubungi. Terimakasih

    BalasHapus